Ujian Akhir Semester

Manajemen Pemasaran UAS

Dalam memasarkan produk beras beras merah organik memerlukan strategi pemasaran yang perusahaan saya lakukan untuk mencapai target omzet sebesar Rp. 1.000.000.000 di bulan Januari 2021.

1. STP ( Segmentasi, Targeting, dan Positioning ) pada produk Beras Merah Organik

a. Segmentasi 

Segmentasi untuk beras merah organik akan dipasarkan untuk semua umur, atau dengan kata lain merupakan segmen keluarga menengah ke atas atau bisa dikatakan segmen keluarga mapan yang memiliki daya beli tinggi dan sadar akan kesehatan. maka beras organik akan dipasarkan kepada orang atau komunitas yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan, atau kalangan yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan.

b. Targeting

targeting merupakan sebuah upaya perusahaan dalam memasarkan produknya dan membedakannya dari competitor (distinguish it self). sekelompok pembeli yang memiliki sifat yang sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Penetapan target pasar merupakan memilih salah satu atau lebih pasar yang akan dimasuki. Targeting pasar dilakukan agar perusahaan dapat mengoptimalkan pasar. Untuk targeting pada beras merah organik pada konsumen yang memiliki pendapatan menengah ke atas baik laki-laki atau perempuan. 

c. Positioning

Positioning merupakan suatu usaha yang dilakukan perusahaan untuk merancang produk serta bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan dalam benak konsumen. Positioning merupakan usaha untuk mempengaruhi pikiran konsumen dan membangun kepercayaan dimata konsumen. Positioning pada beras merah organik dilakukan dengan cara pendekatan konsumen. Pemasaran juga akan dilakukan secara luas.

2. Bauran Pemasaran

a. Produk

Beras merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Meskipun pada umumnya masyarakat lebih gemar mengkonsumsi beras putih, terdapat juga varietas beras yang memiliki manfaat lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Beras merah organik digunakan sebagai obat oleh para tabib di masa itu merupakan beras dengan warna merah dikarenakan aleuronnya mengandung gen yang diduga memproduksi senyawa antosianin atau senyawa lain sehingga menyebabkan warna merah. Beras merah organik ini memiliki tekstur yang enak dan pulen.

b. Tempat

Pemilihan tempat adalah dengan memilih tempat yang strategis dan juga dilakukan secara online. Tempat pada produk beras merah organik adalah di Jl. lapangan hijau Tambak Gresik.

c. Harga

Penetapan harga dan persaingan harga telah dinilai sebagai masalah utama yang dihadapi perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang tidak menangani harga dengan baik. Harga merupakan nilai yang harus dibayar konsumen kepada penjual untuk membeli suatu produk yang dihasilkan. Harga yang dijual mulai dari RP. 28.500 per Kg.

d. Promosi

Promosi yang dilakukan adalah dengan menggunakan sosial media, atau penjualan e-commerce pada market plcae seperti shopee, lazada, tokopedia dengan cara membuat atau menawarkan produk dengan memberikan diskon pada pembelian minimal 5 kg beras merah organik.

3. Media Promosi Beras Merah Organik


4. Analisis daya saing beras merah organik di pasar Asean

Daya saing suatu komoditas akan tercermin pada harga jual yang murah di pasar dan mutu yang tinggi. Untuk analisis daya saing suatu komoditas biasanya ditinjau dari sisi penawaran karena struktur biaya produksi merupakan komponen utama yang akan menentukan harga jual komoditas. Maka dapat dilihat dari komoditi beras merah organik harus bisa dipasarkan secara efesien dengan menggunakan sumberdaya yang dapat menguntungkan secara aspek finansial, dan mempertahankan produk kulitas beras merah, adanya peningkatan itensifikasi, dan dapat memaksimalkan pangsa pasar yang tersedia. Beberapa aspek yang akan diperhatikan perusahaan sebelum mengekspor beras merah organik adalah dengan memastikan kualitas pada produk dan keamanan pada produk.





180321100062_Waqiatul Mukarromah


Komentar

Postingan Populer