Ujian Akhir Semester
Manajemen Pemasaran UAS
Dalam memasarkan produk beras beras merah organik memerlukan strategi pemasaran yang perusahaan saya lakukan untuk mencapai target omzet sebesar Rp. 1.000.000.000 di bulan Januari 2021.
1. STP ( Segmentasi, Targeting, dan Positioning ) pada produk Beras Merah Organik
a. Segmentasi
Segmentasi untuk beras merah organik akan dipasarkan untuk semua umur, atau dengan kata lain merupakan segmen keluarga menengah ke atas atau bisa dikatakan segmen keluarga mapan yang memiliki daya beli tinggi dan sadar akan kesehatan. maka beras organik akan dipasarkan kepada orang atau komunitas yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan, atau kalangan yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan.
b. Targeting
targeting merupakan sebuah upaya perusahaan dalam memasarkan produknya dan membedakannya dari competitor (distinguish it self). sekelompok pembeli yang memiliki sifat yang sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Penetapan target pasar merupakan memilih salah satu atau lebih pasar yang akan dimasuki. Targeting pasar dilakukan agar perusahaan dapat mengoptimalkan pasar. Untuk targeting pada beras merah organik pada konsumen yang memiliki pendapatan menengah ke atas baik laki-laki atau perempuan.
c. Positioning
Positioning merupakan suatu usaha yang dilakukan perusahaan untuk merancang produk serta bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan dalam benak konsumen. Positioning merupakan usaha untuk mempengaruhi pikiran konsumen dan membangun kepercayaan dimata konsumen. Positioning pada beras merah organik dilakukan dengan cara pendekatan konsumen. Pemasaran juga akan dilakukan secara luas.
2. Bauran Pemasaran
a. Produk
Beras merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Meskipun pada umumnya masyarakat lebih gemar mengkonsumsi beras putih, terdapat juga varietas beras yang memiliki manfaat lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Beras merah organik digunakan sebagai obat oleh para tabib di masa itu merupakan beras dengan warna merah dikarenakan aleuronnya mengandung gen yang diduga memproduksi senyawa antosianin atau senyawa lain sehingga menyebabkan warna merah. Beras merah organik ini memiliki tekstur yang enak dan pulen.
b. Tempat
Pemilihan tempat adalah dengan memilih tempat yang strategis dan juga dilakukan secara online. Tempat pada produk beras merah organik adalah di Jl. lapangan hijau Tambak Gresik.
c. Harga
Penetapan harga dan persaingan harga telah dinilai sebagai masalah utama yang dihadapi perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang tidak menangani harga dengan baik. Harga merupakan nilai yang harus dibayar konsumen kepada penjual untuk membeli suatu produk yang dihasilkan. Harga yang dijual mulai dari RP. 28.500 per Kg.
d. Promosi
Promosi yang dilakukan adalah dengan menggunakan sosial media, atau penjualan e-commerce pada market plcae seperti shopee, lazada, tokopedia dengan cara membuat atau menawarkan produk dengan memberikan diskon pada pembelian minimal 5 kg beras merah organik.
Komentar
Posting Komentar