Rancang Usahamu
BAB 7 RANCANG USAHA MU
MEMBUAT RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN)
Berikut adalah cara muda dalam menyusul rencana usaha.
A. Informasi Dasar
Nama usaha
Jenis usaha
Deskripsi singkat usaha
B. Produk Usaha
Bagian ini berisi penjelasan mengenai produk usaha yang akan dijual yaitu: a) Produk (barang/jasa) yang akan ditawarkan kepada konsumen
Keunggulan/keunikan masing-masing produk
Perbandingan produk yang ditawarkan dengan produk sejenis yang dijual oleh perusahaan lain
Jumlah produksi dari produk yang akan ditawarkan
e)Kemana saja produk-produk tersebut akan dijual (distribusi)
C. Kegiatan Utama (Key Activities)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan utama apa saja akan dilakukan dalam usaha-mu, serta siapa yang akan melakukan kegiatan tersebut.
D. Sumber Daya Utama (Key Resource)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai sumber daya apa saja yang dibutuhkan dalam keseluruhan proses usaha. Sumber daya yang dimaksud di sini berupa alat, bahan, maupun tenaga kerja yang dilibatkan dalam keseluruhan proses usaha.
E. Target Konsumen
Bagian ini berisi penjelasan mengenai siapa saja calon konsumen yang akan menjadi target pemasaran usaha Anda.
F. Strategi Pemasaran
Bagian ini berisi penjelasan mengenai cara memasarkan produk agar dapat diketahui oleh konsumen, serta mampu manarik hati konsumen untuk membeli.
MEMBUAT RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN)
Berikut adalah cara muda dalam menyusul rencana usaha.
A. Informasi Dasar
Nama usaha
Jenis usaha
Deskripsi singkat usaha
B. Produk Usaha
Bagian ini berisi penjelasan mengenai produk usaha yang akan dijual yaitu: a) Produk (barang/jasa) yang akan ditawarkan kepada konsumen
Keunggulan/keunikan masing-masing produk
Perbandingan produk yang ditawarkan dengan produk sejenis yang dijual oleh perusahaan lain
Jumlah produksi dari produk yang akan ditawarkan
e)Kemana saja produk-produk tersebut akan dijual (distribusi)
C. Kegiatan Utama (Key Activities)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan utama apa saja akan dilakukan dalam usaha-mu, serta siapa yang akan melakukan kegiatan tersebut.
D. Sumber Daya Utama (Key Resource)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai sumber daya apa saja yang dibutuhkan dalam keseluruhan proses usaha. Sumber daya yang dimaksud di sini berupa alat, bahan, maupun tenaga kerja yang dilibatkan dalam keseluruhan proses usaha.
E. Target Konsumen
Bagian ini berisi penjelasan mengenai siapa saja calon konsumen yang akan menjadi target pemasaran usaha Anda.
F. Strategi Pemasaran
Bagian ini berisi penjelasan mengenai cara memasarkan produk agar dapat diketahui oleh konsumen, serta mampu manarik hati konsumen untuk membeli.
Komentar
Posting Komentar